Makanan Yang Baik Untuk Memperkuat Rahim

Rahim adalah organ membentuk dasar dari sistem reproduksi wanita, sehingga memiliki peran penting dalam kehidupan seorang wanita. Itu menjelaskan bahwa menjaga rahim untuk tetap sehat menjadi sebuah kewajiban, terutama bagi anda yang sedang menjalankan program kehamilan.  Jika anda sedang hamil, dibutuhkan makanan yang baik untuk memperkuat rahim, dengan begitu bayi anda akan sehat dan terhindar dari keguguran. [ Baca : Obat Pasca Keguguran ]

Setiap wanita pasti sangat mendambakan kehadiran sang buah hati, sehingga tidak heran jika sang ibu bersedia melakukan apa saja untuk menjaga janin tetap sehat dan lahir dengan selamat.

Makanan Yang Baik Untuk Memperkuat Rahim

Makanan Yang Baik Untuk Memperkuat Rahim

  • Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber alami mineral, vitamin dan fitokimia penting untuk menjaga kesehatan rahim dan ovarium. Magnesium merupakan mineral penting bagi wanita usia reproduksi, mengurangi gejala menstruasi, termasuk kram dan perdarahan yang berlebihan. Mineral Zinc membantu menjaga telur sehat dan ovarium agar tetap sehat. Majalah Kesehatan Perempuan juga merekomendasikan asupan sehat seperti buah dan sayuran. Tanaman ini merupakan sumber yang kaya antioksidan, vitamin seperti vitamin C dan E, yang melindungi sel-sel rahim dan indung telur dari efek berbahaya dari radikal bebas yang berinteraksi dengan DNA atau membran dan dapat menyebabkan kanker ovarium dan uterus. Menurut Dr David Jockers, makanan nabati yang terdiri dari kecambah, buah dan jeruk dapat menyeimbangkan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh.

  • Makanan berserat

Serat alami atau serat yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan sereal. Selain meningkatkan kadar glukosa dan kolesterol, diet tinggi serat juga dapat membantu menghilangkan estrogen berlebihan yang disimpan dalam tubuh, sehingga mencegah kondisi seperti fibroid rahim (tumor jinak non-kanker yang berasal dari lapisan otot polos ( miometrium) dan jaringan ikat yang menyertai rahim). Sebuah artikel yang diterbitkan dalam majalah “ekstensi Life” melaporkan bahwa lignin (zat kayu) ditemukan dalam makanan tinggi serat seperti biji rami, rye, barley dan gandum, gandum memiliki sifat anti-estrogenik dan membantu mencegah pertumbuhan fibroid rahim.

  • Produk susu

Konsumsi sehari-hari produk susu seperti yoghurt, keju, susu dan mentega sangat penting untuk kesehatan rahim. Produk susu yang kaya kalsium dan vitamin D, sementara kalsium membantu untuk menjaga tulang anda sehat, vitamin D memiliki peran penting untuk menghindari anda dari fibroid (tumor jinak di dalam rahim). Anda juga membutuhkan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium.

  • Ikan

Ikan, seperti mackerel dan salmon yang kaya omega-3 asam lemak esensial. Mereka membantu untuk mengurangi produksi prostaglandin dalam tubuh seorang wanita. Prostaglandin adalah senyawa hormon yang dapat menyebabkan kontraksi rahim yang parah. Karena beratnya kontraksi, kadang-kadang dapat menyebabkan rahim untuk mendapatkan malpositioned (posisi pindah).

  • Teh hijau

Teh hijau penuh dengan antioksidan. Mereka tidak hanya membantu menjaga kesehatan dan mengobati fibroid rahim di dalam rahim. Menurut herbal spesialis, wanita dengan fibroid rahim harus minum teh hijau secara teratur selama sekitar 8 minggu. Ini akan membantu dalam mengurangi jumlah fibroid.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, collard hijau dan jelatang, dapat membantu untuk menjaga keseimbangan rahim basal. Sayuran hijau juga menyediakan mineral untuk keoptimalan fungsi sistem saraf. Anda dapat membuat teh dari jelatang dan dikonsumsi 2-4 cangkir per hari. Anda juga dapat menambahkan sayuran hijau lainnya untuk diet. Anda akan mendapatkan semua nutrisi, termasuk asam folat, dalam rangka untuk memastikan rahim anda kuat dan menjaga bayi tetap sehat.

  • Jeruk nipis

Kita semua tahu bahwa lemon kaya akan vitamin C, lemon membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Selain Vitamin C juga membantu dalam meningkatkan kekebalan rahim. Ketika ini terjadi, rahim  akan lebih siap untuk menangkal bakteri, sehingga mencegah infeksi. Mengkonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan lemon diperas ke dalamnya setiap hari di pagi hari akan meningkatkan kesehatan rahim.

  • Minyak jarak

Banyak dari anda mungkin ingat minyak jarak (pencahar yang terbuat dari minyak jarak), ketika ibumu memaksa anda untuk makan satu sendok teh minyak jarak untuk meringankan sembelit dan membersihkan sistem pencernaan. Nah, konsumsi minyak jarak (yuck!) karena dapat mengobati kista ovarium dan fibroid rahim. Selain itu, asam riconoleic di minyak jarak dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pengaruh minyak jarak dapat membuat anda lebih tahan terhadap infeksi rahim.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Biji-bijian dan kacang-kacangan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengoptimalkan produksi hormon. Mengkonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti almond, biji rami dan kacang mete kaya omega-3 asam lemak dan kolesterol. Asam lemak omega-3 dapat membantu dalam menghilangkan fibroid dan juga mencegah kanker serviks. Kolesterol baik membantu menjaga kadar kolesterol serum. Hal ini juga mencegah kelahiran prematur atau berat badan lahir rendah.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk memperkuat rahim, semoga bisa menjadi referensi bagi bunda semua 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *