Jenis Jenis Keguguran

Keguguran merupakan hal yang paling di takuti oleh seorang ibu hamil. Sebenarnya kemungkinan terjadinya keguguran sangat tinggi pada setiap ibu, di perkirakan kira kira keguguran akan terjadi dari 2 orang pada setiap 10 ibu hamil yang menyadari kehamilannya. Apalagi jika seorang ibu tidak menyadari kehamilannya.

jenis-jenis-keguguran
Obat Keguguran | Dalam istilah medis keguguran di sebut juga dengan Abortus. Keguguran artinya kematian bayi dalam kandungan, bisa meninggal di dalam kandungan tanpa di ketahui oleh sang ibu, bisa juga keluarnya janin tanpa sengaja sebelum janin benar benar siap untuk hidup di luar kandungan. Biasanya jika akan terjadi keguguran sang ibu akan mengalami penurunan kadar darah pada minggu ke 20 kandungannya. Kebanyakan kasus sekitar 80% terjadi pada kehamilan sebelum minggu ke 13 dan 20% terjadi pada kehamilan sebelum minggu ke 20 .
Mengenal lebih jauh tentang keguguran ternyata Keguguran mempunyai jenis yang berbeda -beda. Untuk itu untuk membuat diri kita lebih waspada sebaiknya kita ketahui jenis-jenis keguguran agar bisa mengantisipasinya.

JENIS JENIS KEGUGURAN

1. Abortus Immines – Ancaman Keguguran
Kondisi ini dimana tiba tiba sang ibu mengalami sakit yang cukup ringan pada bagian perut di sertai keluarnya darah dari organ intim. Hal ini terjadi karena pembuahan pada embrio terlepas sebagian. Bahkan terjadi untuk beberapa kali dalam setiap minggu, maka anda wajib bergegas karen kondisi ini dimana sang bayi mengalami ancaman keguguran. Segera periksakan diri ke dokter ahli kandungan agar bisa ditangani dengan peralatan medis yang tepat dan baik untuk keselamatan sang janin. Karena kemungkinan kehidupan untuk sang bayi sangatlah besar.
Penangan yang di lakukan pada jenis keguguran Immines ini, mungkin hanya di beri obat penenang oleh sang dokter, dan sang ibu di anjurkan untuk sering beristirahat berbaring atau tidur karena hal ini bisa memberikan aliran darah lebih ke rahim dan mengurangi rangsangan mekanis.
2. Abortus Insipent – Keguguran Pasti
Kasus keguguran pasti ini merupakan kasus yang cukup berbahaya karena sang ibu akan mengalami rasa sakit yang hebat pada bagian perut di sertai pendarahan yang cukup banyak sehingga janin yang masih dalam status embrio akan keluar melalui mulut rahim yang terbuka. Jika hal ini terjadi segera periksakan diri ke dokter meskipun kemungkinan keselamatan janin sangat kecil.
Penangan yang di lakukan pada kasus seperti ini jika janin tidak bisa terselamatkan kemungkinan dokter akan menganjurkan sang ibu untuk melakukan “Kuret”. Tetapi kini seiring berkembangannya teknology obat obatan di Indonesia, telah tersedia obat herbal pembersih rahim pasca keguguran tanpa kuret. Karena 100% bahannya alami dan juga bernutrisi, maka rahim akan bersih dengan cara alami.
3. Abortus Incomplete – Keguguran Tidak Lengkap
Kondisi ini dimana janin yang masih dalam status embrio keluar dari rahim tapi sebagiannya saja, dan sebagiannya lagi tertinggal pada rahim. Akibatnya sang ibu akan mengalami sakit yang cukup parah pada bagian perut.
Sebaiknya segera bawa ke dokter untuk segera melakukan tes USG untuk mengetahui apakah janin tersisa di dalam rahim atau tidak. Biasanyanya pasien di sarankan melakukan kuret atau konsumsi obat pembersih rahim.
4. Abortus Complete – Keguguran Lengkap
Kondisi ini terjadi apabila seluruh jaringan embrios yang telah membentuk janin, keluar dari rahim entah melalui proses persalinan ataupun secara spontan. Keluarnya janin ini terjadi pada kehamilan kurang dari 20 minggu. Dan setelah beberapa hari kemudian sang ibu akan mengalami rasa sakit sperti halnya saat menstruasi datang. Dianjurkan sang ibu supaya makan makanan yang mengandung banyak protein, vitamin dan mineral.
5. Ketinggalan Keguguran
Kondisi ini dikenal dengan sebutan “Lahir-Mati“. Ini karena snag ibu tidak merasakan gejala gejala biasanya seperti keguguran pada umumnya, tanpa merasakan sakit perut atau keluarnya darah dari organ intim. Sehingga sang ibu menganggap bahwa diri dan bayinya sehat sehat saja.Tetapi pada saat proses persalinan tiba tiba janin sudha dalam keadaan mati sejak dalam kandungan.
Untuk menghindari kasus seperti ini, disarankan semua ibu hamil untuk terus periksa kandungan dan melakukan USG dan periksa detak jantung janin sehingga kondisi janin selalu bisa terlihat dan terjaga.
Semoga setelah membaca jenis jenis keguguran, ibu bisa mengerti dan memahami perjalanan janin dalam kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *