Apa Saja Yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Keguguran

Keguguran memang merupakan mimpi buruk bagi setiap pasangan yang menginginkan kehadiran sang buah hati. Namun saat keguguran terjadi, anda harus tegar dan mengatasinya dengan cara yang tepat. Lalu apa saja yang harus dilakukan saat mengalami keguguran ? Jika anda ingin tahu, pastikan anda membaca tulisan ini dengan baik.

Apa Saja Yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Keguguran

Bagaimana saya tahu jika saya mengalami keguguran?

Gejala-gejala yang biasa adalah perdarahan dan merasa nyeri dan kram yang cukup kuat. Perdarahan dapat bervariasi dari debit coklat sampai merah terang, perdarahan berat, termasuk pembekuan darah.

Pendarahan mungkin datang dan pergi untuk beberapa hari atau lebih lama. Ini bisa sangat sulit bagi Anda untuk mengetahui apa yang terjadi. Proses fisik keguguran adalah pengalaman menyedihkan, dan Anda pasti merasa kesal, takut dan tak berdaya untuk menghadapinya.

Jika Anda hanya memiliki bercak atau cahaya perdarahan, Anda dapat terhibur oleh kenyataan bahwa ini umum pada awal kehamilan. Ini tidak berarti bahwa keguguran sedang terjadi. Lakukan panggilan cepat untuk bidan atau dokter yang mungkin cukup pasti untuk meyakinkan Anda bahwa semuanya baik-baik.

Apa yang harus saya lakukan jika saya pikir saya mengalami keguguran?

Jika Anda mengalami gejala keguguran, seperti mengalami pendarahan yang cukup hebat. Segera  periksa kehamilan anda ke dokter kandungan.

Jika Anda kurang dari enam minggu hamil dan tidak mengalami sakit yang parah, Anda mungkin disarankan untuk hanya tinggal di rumah dan melihat apa yang terjadi.

Jika Anda mempunyai risiko sedikit lebih jauh, staf rumah sakit mungkin meminta Anda untuk datang ke rumah sakit untuk pemindaian ultrasound dan tes lainnya. Sebuah sonogram akan menawarkan untuk melakukan scan melalui vagina. Jenis scan memberikan pandangan terbaik rahim Anda dan benar-benar aman.

Scan dan tes akan memeriksa kesehatan Anda dan akan memberikan jawaban yang jelas tentang apakah anda mengalami keguguran atau tidak. Dokter mungkin dapat mengatakan jawabannya dari scan apakah Anda mengalaminya, sedang mengalami keguguran atau cenderung memiliki risiko keguguran, Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu scan untuk mengkonfirmasi ini.

Setelah penyelidikan, Anda akan dikirim pulang untuk beristirahat. Staf rumah sakit dapat memberikan nomor telepon 24 jam yang Anda atau pasangan Anda dapat menghubungi kapan saja jika Anda memiliki kekhawatiran.

Sementara itu, Anda akan membutuhkan banyak kenyamanan dan dukungan dari pasangan Anda, serta beberapa item praktis untuk membantu Anda melalui kondisi ini.

Anda akan membutuhkan pembalut untuk menyerap perdarahan. Jangan menggunakan tampon, karena mereka dapat meningkatkan kesempatan pengaturan infeksi pada Anda, dan juga mungkin perlu obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol. Jika dokter telah mengkonfirmasi bahwa Anda telah mengalami keguguran, Anda dapat mengambil ibuprofen juga. Suruh pasangan Anda atau orang lain untuk membeli hal-hal ini jika Anda tidak memiliki mereka dirumah.

Memeluk botol air panas ke perut Anda dapat membantu untuk meringankan kram. Jika Anda tidak dapat mengatasi dengan kuat, nyeri kram, panggil dokter dan bertanya tentang obat penghilang rasa sakit lebih lanjut.

Apakah ada yang bisa saya lakukan untuk menghentikan pendarahan?

Sayangnya, setelah keguguran telah dimulai, tidak ada benar-benar sesuatu yang Anda atau orang lain dapat lakukan untuk menghentikannya. Beristirahat di tempat tidur tidak mungkin untuk membuat perbedaan dengan apa yang terjadi.

Meskipun mungkin merasa seolah-olah pendarahan melambat atau berhenti, itu bisa menjadi ilusi mengecewakan. Pada kenyataannya, darah berkumpul di bagian atas vagina dan kemudian gravitasi membuatnya menguras pergi ketika Anda bangun atau pergi ke toilet Jika Anda ingin pergi ke tempat tidur, atau ingin melanjutkan dengan rutinitas biasa Anda, itu baik-baik saja. Hanya mencoba untuk tetap duduk senyaman mungkin.

Apa yang terjadi selanjutnya?

Ini benar-benar sebuah pertanyaan dari memberikan waktu tubuh Anda untuk menyesuaikan dan mendapatkan banyak istirahat. Mudah-mudahan, pasangan Anda bisa berada disisi Anda untuk menghibur Anda dan mengawasi pemulihan Anda.

Jika pendarahan tidak terlalu berat, atau jika Anda tidak sakit, Anda baik-baik saja untuk beristirahat di rumah. Tetap berhubungan dengan dokter Anda untuk membiarkan mereka tahu apa yang terjadi.

Jika pasangan Anda tidak bisa berada disisi Anda sepanjang waktu, mungkin orang lain seperti keluarga Anda bisa tinggal dengan Anda. Itu karena, kadang-kadang, keguguran dapat menyebabkan komplikasi.  Jika Anda mengalami hal-hal berikut, segera beritahukan dokter Anda secepat mungkin :

  • Pendarahan menjadi sangat berat (perendaman lebih dari satu pad bersalin berukuran besar dalam satu jam), atau Anda merasa tidak enak badan atau pingsan, dan tidak mampu mengatasi pendarahan. Ini berarti Anda kehilangan terlalu banyak darah.
  • Anda memiliki rasa sakit satu sisi atau nyeri di perut Anda, panggul atau di ujung bahu Anda, merasa pusing, memiliki detak jantung yang cepat, atau memiliki rasa sakit ketika Anda pergi ke toilet. Ini mungkin tanda-tanda kehamilan ektopik . Kehamilan ektopik membutuhkan perawatan cepat untuk melindungi kesehatan Anda
  • Anda merasa demam dan umumnya tidak merasa sehat, seperti jika Anda memiliki flu, memiliki rasa sakit di perut Anda yang semakin buruk, atau keputihan Anda yang mempunyai bau buruk. Ini mungkin gejala infeksi.

Berapa lama perdarahan setelah keguguran?

Pendarahan kemungkinan akan berakhir dalam seminggu sampai 10 hari dan biasanya akan berhenti setelah dua minggu. Meskipun satu atau dua minggu mungkin telah berlalu, Anda masih harus mengurus diri sendiri ketika Anda pulih secara fisik dan emosional.

Jika pendarahan tidak berhenti oleh dua minggu, hubungi dokter Anda. Meskipun pendarah seperti normal tetapi dokter atau perawat harus memeriksa kesehatan Anda kembali.

Pendarahan terus menerus disertai rasa nyeri mungkin berarti Anda memiliki beberapa jaringan kehamilan yang tersisa di dalam rahim Anda. Ini disebut keguguran tidak lengkap. Atau, perdarahan dapat disebabkan oleh infeksi pada lapisan rahim Anda. Dalam kedua kasus ini, Anda akan perlu tindak lanjut pengobatan untuk mendapatkan yang lebih baik.

Apa yang dapat saya lakukan untuk memulihkan setelah itu?

Apakah keguguran mengendap sendiri atau Anda perlu perawatan lebih lanjut, Anda dan pasangan Anda perlu mengambil waktu untuk berdamai dengan apa yang terjadi. Bahkan jika itu terjadi sangat awal dalam kehamilan, jangan merasa Anda tidak diizinkan untuk berduka .

Jika Anda pulih di rumah,  Anda mungkin akan memerlukan setidaknya beberapa hari atau lebih lama tidak melakukan beberapa pekerjaan.

Pada umumnya pihak rumah sakit akan menyaranan Anda untuk menjalani operasi kuret, karena biasanya darah atau sisa sisa kehamilan masih tertingal di Rahim Anda. Kemungkinan hal hal tersebut dapat membusuk dan menyebabkan timbulnya baktery atau jamur penyakit lainnya yang akan membahayakan dan mengganggu kesehatan Rahim Anda. Yang lebih parah, kondisi ini bisa menghambat kehamilan Anda di masa depan.

Selain operasi kuret, saat ini sudah tersedia obat herbal yang akan secara alami membersihkan Rahim anda pasca keguguran. Obat herbal tersebut dikenal dengan nama “Ace Maxs”. Anda bisa mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai obat tersebut berikut cara pemesanannya di artikel berikut, klik Obat Pasca Keguguran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *